...
Selasa, 12 Februari 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Peresmian dan Serah Terima Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Oleh Bupati Demak

Demak, 12/02/2019.

Bupati Demak HM. Natsir menyerahkan secara simbolis bantuan hibah mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Dra. Tatik Rumiyati dan didampingi Sekretaris Dinas M. Zaimuddin, S. IP,  MM beserta Kabid Perpustakaan Drs. Yofie Sukarwi, MM. 

Mobil perpustakaan keliling ini menampung sebanyak 1200 buku  beserta TV, komputer dan Tablet sebagai penunjang di dalamnya. Sekaligus membuka Sosialisasi Undang Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak.

Bupati Demak mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah memberikan mobil perpustakaan keliling kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Adanya mobil perpustakaan keliling ini akan membantu masyarakat untuk mudah mengakses membaca buku tanpa harus datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan . “Pemerintah Kabupaten Demak memang menginisiasi mobil perpustakaan keliling  bagi masyarakat yang tidak sempat ke Dinas perpustakaan tapi ingin membaca buku,” kata Bupati.

"Perpustakaan tidak hanya ada disini saja ( Perpusda ), tetapi juga ada di Desa - Desa, sekolah dan di masjid-masjid juga sudah ada perpustakaan. Untuk itu semangat literasi ini terus ditumbuh kembangkan karena untuk suatu yang cerdas harus punya ilmu dan untuk mendapatkan ilmu harus punya buku, harus rajin membaca.

Perpustakaan juga harus mengadopsi sistem digitalisasi, Sehingga masyarakat  yang tidak sempat ke Perpustakaan  bisa mudah mencari dan membaca secara online, program ini juga mendukung kearah Kabupaten Demak menjadi kabupaten cerdas (Smart City)". 

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Dra. Tatik Rumiyati mengatakan,  Tambahan satu mobil ini membuat Dinperpusar Demak saat ini  telah memiliki tiga mobil perpustakaan keliling. Mobil ini akan dimanfaatkan dan disebar ke bebera titik di 14 kecamatan di Kabupaten Demak. “Sasaran kita adalah  Perpustakaan Desa dan Perpustakaan sekolah-sekolah sehingga mobil operasional ini cukup memiliki peran yang penting,”.

Kehadiran perpustakaaan keliling ini dapat merangsang tumbuhnya minat baca di masyarakat Demak, khususnya di daerah yang belum terjangkau. Program literasi saat ini sedang digiatkan, karena prosentase minat baca masih jauh tertinggal. “Jadi dengan adanya perpustakaan, terutama perpustakaan keliling di Kabupaten Demak membantu untuk meningkatkan minat baca masyarakat  dan meningkatkan kesejahteraan ".